Rabu, November 16, 2011

Kamus Data


Kamus data (data dictionary) adalah suatu penjelasan tertulis mengenai data yang berada di dalam database.
Kamus data pertama berbasis dokumen - kamus data itu tersimpan dalam bentuk hard copy dengan mencatat semua penjelasan data dalam bentuk tercetak. Walau sejumlah kamus berbasis dokumen masih ada, praktek yang  umum sekarang adalah menggunakan kamus data berbasis komputer. Pada kamus data berbasis komputer penjelasan data dimasukkan ke dalam komputer dengan menggunakan data description language (DDL) dari sistem manajemen database,sistem kamus, atau peralatan CASE.                                                                                   .
Dengan menggunakan KD analis system dapat  mendefinisikan data yang mengalir di system dengan lengkap.
KD di buat pada tahap analisis system dan digunakan baik pada tahap analisis maupun pada tahap perancangan system.
Pada tahap analisis, KD digunakan sebagai alat komunikasi antara analisis system dengan pemakai system tentang data yang mengalir di system, yaitu tentang data yang masuk ke system dan tentang informasi yang dibutuhkan oleh pemakai system.
Pada tahap perancangan sistem, KD digunakan untuk merancang input, merancang laporan-laporan dan database.
KD dibuat berdasarkan arus data yang ada di DFD.
Gambar berikut ini menunjukkan hubungan antara DFD dengan KD  

 
Bentuk-bentuk Kamus Data

Sistem yang disajikan di sini terdiri dari satu set empat bentuk kamus yang menje­laskan isi database secara hirarkis seperti tampak dalam Gambar 1. Set bentuk-bentuk ini disesuaikan untuk melengkapi model proses yang menggunakan diagram arus data. Bentuk-bentuk tersebut memungkinkan kamus data memberikan dokumentasi lengkap mulai dari tingkat ringkas dalam hal arus data sampai ke penjelasan rinci untuk tiap elemen data. Kamus data karenanya merupakan peralatan terstruktur top-down. .

                                                    Gambar Hirarki dari Formulir Kamus Data

   
Gambar Entry Kamus Arus Data

1 komentar:

  1. thanks gan,,, ane ada tugas kuliah.. ta ambil dulu ya...

    bravo!!

    BalasHapus