Selasa, Januari 17, 2012

Settting IP pada Linux ubuntuOS dengan virtual

Pada pertemuan pertama kali ini kita akan melakukan setting IP address pada linux dengan menggunakan virtualbox. Untuk  kali ini kita akan melakukan koneksi 2 buah PC dengan asumsi PC 1 (Host OS) di install dengan system Operasi Ubuntu 9.10 koala Karmic dan PC 2 (Guest OS virtualbox) yang juga di install dengan system operasi yang sama yaitu Ubuntu 9.10 Koala Karmic.
    Pertama-pertama yang kita lakukan yaitu installasi virtualbox kemudian dilanjutkan dengan proses installasi ubuntu 9.10 pada virtualbox. Tampilan virtualbox yang sudah terinstall OS Ubuntu sebagai berikut

 


    Sebelum kita menjalankan system operasi pada virtualbox, kita setting virtualbox sesuai dengan kebutuhan, untuk kali ini kita akan mencoba melakukan koneksi antara Host OS dengan Guest OS, untuk itu kita perlu melakukan setting pada network sebagai berikut. Langkah pertama klik Tombol Setting pada virtual box kemudian pada window baru pilih Network, pada tab Adapter 1 ubah Attached to dengan pilihan Host-only Adapter setelah itu klik OK.

    Setelah konfigurasi selesai barulah klik start pada Virtualbox untuk menjalankan Guest OS. Setelah masuk pada Guest OS kemudian kita setting IP address dengan menggunakan perintah pada terminal. Untuk melakukan setting IP address menggunakan perintah

~$ sudo ifconfig NIC ip_address netmask netmask_address

Untuk percobaan  IP:
Alamat 192.168.56.11
Netmask addres 255.255.255.0

~$ sudo ifconfig eth0 192.168.56.111 netmask 255.255.255.0

Untuk melakukan pengecekan ip address

~$ ifconfig NIC
atau
~$ ifconfig

Perbedaan dari perintah diatas hanya terletak pada output yang ditampilkan, jika pada perintah ifconfig kita mengikut sertakan NIC maka output yang ditampilkan hanya berupa informasi configurasi pada NIC yang diinginkan saja, sedangkan jika kita tidak menambahkan NIC pada perintah ifconfig maka semua NIC akan ditampilkan semua informasi dari NIC yang dimiliki.


    Pada host OS secara default IP address untuk koneksi ke Guest OS pada virtualbox sudah otomatis tersetting. Untuk mengecek alamat IP address untuk koneksi ke virtualbox mengguakan perintah yang sama yaitu ifconfig

    Dapat kita lihat pada output diatas NIC untuk koneksi ke virtual box yaitu vboxnet0 dengan default alamat IP 192.168.56.1. Jika kita ingin merubah alamat IP tersebut kita bias menggunakan perintah yang sama seperti pada konfigurasi IP di Guest OS.
~$ sudo ifconfig NIC ip_address netmask netmask_address

Kemudian untuk mengecek apakah Host OS dan Guest OS sudah terhubung atau belum, kita gunakan perintah ping

~$ ping alamat_IP_tujuan

Pada host OS alamat IP yang kita ping adalah alamat IP pada Guest OS (virtualbox)
    Dari kedua output hasil ping dapat dilihat paket yang berhasil dikirim dan paket yang gagal terkirim serta waktu rata-rata yang dibutuhkan pada proses tersebut.

    Jika kita ingin membuat koneksi antar OS virtualbox dalam suatu jaringan maka kita perlu mengubah setting Network pada virtualbox tetapi terlebih dahulu kita harus mematikan OS pada virtualbox yang sedang berjalan, baru kemudian kita pilih Setting  Netwok dan pada Adapter 1 kita ubah Attached to menjadi Bridged Adapter.
 
selajutnya kita jalankan kembali virtualboxnya, setelah masuk kedalam Guest OS barulah kita setting IP address seperti pada langkah sebelumya, dengan menggunakan perintah ifconfig.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar